Air Zamzam

Standard

Air zamzam mengandung mineral delapan kali lebih besar dari air basa.  Air ini bersifat alkalis. Namun, banyak kandungan garam dalam air zamzam tidak menyebabkan air ini terasa asin, justru sebaliknya, sedikit manis.

Manfaat air zamzam sangat luas membuatnya digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit.  Para penerapi thibbun nabawiy pun memercayai air zamzam sebagai obat pilihan untuk penyakit yang belum diketahui secara jelas obatnya.

Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baiknya air di muka bumi adalah air zamzam.  Dia bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan bisa menjadi obat penyakit.” Dalam Hadits lain, Rasulullah SAW bersabda, “Air zamzam bermanfaat bergantung pada niatnya.”  Dalam sebuah hadis riwayat Baihaqi, Rasulullah SAW bersabda,”Perbedaan antara kami dan orang-orang munafik adalah karena mereka tidak memperoleh kebaikan dari air zamzam.”

Nabi saw menjelaskan: “Sesungguhnya, air zam-zam ini air yang sangat diberkahi, ia adalah makanan yang mengandungi gizi”.  Nabi saw menambahkan:“Air zamzam bermanfaat untuk apa saja yang diniatkan ketika meminumnya. Jika engkau minum dengan maksud agar sembuh dari penyakitmu, maka Allah menyembuhkannya. Jika engkau minum dengan maksud supaya merasa kenyang, maka Allah mengenyangkan engkau. Jika engkau meminumnya agar hilang rasa hausmu, maka Allah akan menghilangkan dahagamu itu. Ia adalah air tekanan tumit Jibril, minuman dari Allah untuk Ismail”. (HR Daruqutni, Ahmad, Ibnu Majah, dari Ibnu Abbas).

Rasulullah (saw) pernah mengambil air zam-zam dalam sebuah kendi dan bekas dari kulit, kemudian membawanya kembali ke Madinah dan Air zam-zam itu digunakan Rasulullah (saw) untuk memercikkan kepada orang sakit dan kemudian disuruh meminumnya.

Zamzam3

sumber mata air zamzam

Sumber:

Assegaf, Muhammad Ali Toha. 2011. Buku Pintar Sehat Islami. Bandung: Mizania

http://www.eramuslim.com/peradaban/quran-sunnah/air-zam-zam-tidak-sehat-diminum-benarkah-tuduhan-itu.htm

http://www.kelair.bppt.go.id/Sitpa/Artikel/Airzamzam/airzamzam.htm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s