Jintan Hitam (Habbatus Sauda’)

Standard

jintan_hitam

“Hendaklah kau menggunakan jinten hitam karena sesungguhnya padanya terdapat penyembuhan bagi segala penyakit, kecuali kematian” (HR. Bukhari dan Muslim).

Jintan hitam disebut sebagai obat dari segala penyakit karena mujarrab dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan.  Dari penelitia terbaru, jintan hitam diketahui sebagai biji-bijian yang kaya kandungan asam lemak tak jenuh, antioksidan, dan berbagai bioflavonoid.  Di samping itu, ratusan penelitian telah menunjukkan manfaat jintan hitam dalam menyembuhkan berbagai penyakit.  Jintan hitam bersifat panas dan kering pada derajat tiga sehingga cocok untuk membakar kelebihan lemak atau obesitas yang mempunyai sifat dingin dan basah.

Jintan hitam mengandung monosakarida rhamnose, xylose, dan arabinose, serta nonstarch polisakarida yang merupakan sumber serat.  Kandungan 15 asam aminonya terdiri atas 8 asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh, termasuk arginin dan vitamin karotenoid.  Asam amino esensial ini sangat penting bagi tubuh, tetapi tubuh tidak bisa membentuknya.  Selain itu, jintan hitam juga mengandung kalsium, zat besi, potassium, asam lemak esensial tak jenuh (omega-3 dan omega-6), serta beberapa flavonoid yang bermanfaat sebagai antioksidan.

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mengungkap khasiat dari habbatus sauda’.  Di bawah ini adalah beberapa khasiat dan manfaatnya:

  1. Sebuah penelitian di Yaman memberi harapan bagi pengobatan HIV/AIDS karena maafaat habbatus sauda’ yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.
  2. Habbatus sauda’  sebagai antialergi karena kandungan antihistamine­-nya yang cukup tinggi.
  3. Sebuah percobaan laboratorium menunjukkan habbatus sauda’ dapat menghancurkan sel-sel abnormal sehingga diperkirakan dapat berkhasiat sebagai antitumor dan antikanker.  Namun, khasiat ini masih diteliti lebih lanjut.
  4. Habbatus sauda’ juga berfungsi sebagai antibakteri.  Oleh karena itu habbatus sauda’ dapat digunakan akibat infeksi bakteri, seperti E.coli, V. Cholera, dan spesies Shigella yang bisa menyerang saluran cerna maupun saluran kencing.
  5. Khasiatnya sebagai antiperadangan sangat bermanfaat bagi penderita arthritis, radang kulitm maupun radang paru.
  6. Ibnu Sina dalam bukunya, Qanuun Fith Thiib, menyebutkan manfaat Habbatus sauda’ untuk memperlancar aliran energi dalam tubuh dan memulihkan stamina seseorang yang baru sembuh dari sakit.
  7. Ibnu Qayyim dalam bukunya, Ath-Thibbun Nabawiy, menjelaskan khasiatnya dalam membantu pengobatan bronkhitis, cacingan, jerawat, sakit menjelang haid, serta meningkatkan produksi air liur.
  8. Profesor G.  Rietmuller, Direktur Institut Imunologi dari Universitas Munich, Jerman, telah meneliti habbatus sauda’ dan menyimpulkan manfaatnya sebagai immunomodulator.
  9. Dr. Ahmad El-Qadi dari Islamabad, Pakistan dan Dr. Usama Qandil dari Florida, AS meyimpulkan bahwa konsumsi 1 gr habbatus sauda’ sebanyak 2 kali sehari akan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit secara bermakna.  Hal ini juga memberikan harapan kemungkinan penggunaan habbatus sauda’ sebagai obat bagi penderita kanker, HIV/AIDS, lupus, dan penyakit gangguan terhadap kekebalan tubuh lainnya.
  10. Dr. Peter Schleicher, seorang pakar imunologi dari Munich, Jerman, menyimpulkan secara empirik tentang keberhasilan habbatus sauda’ dalam menyembuhkan 420 orang dari 600 orang sukarelawan penderita alergi.
  11. Peneliti di AS melaporkan temuannya terhadpa sifat antikanker pada habbatus sauda’
  12. Profesor Michael Meurer dari Klinik Dermatologi Munich di Jerman menemukan mafaat habbatus sauda’ sebagai anti peradangan dan ovatneurodermatitis atau gatal pada kulit akibat stres.
  13. Penelitian lain menunjukkan manfaat habbatus sauda’  dalam menanggulangi penyakit depresi sumsum tulang, yaitu menurunnya kemampuan sumsum tulang untuk memproduksi sel-sel darah, meingkatkan pemberntukan interferon, serta memperpanjang usia sel-sel darah normal dari perusakan oleh virus.  Habbatus sauda’ juga diyakini mengandung lebih dari 100 bahan obat yang berkhasiat dan bermanfaat terhadap beragam jenis penyakit.

Habbatus sauda’ tersedia dalam beragam bentuk yang siap dikonsumsi, seperti minyak dan serbuk dalam bentuk kapsul.  Minyak habbatus sauda’ sangat dianjurkab bagi pengobatan penyakit kulit, persendian, dan perncernaan.  Minyak habbatus sauda’ yang baik kualitasnya beraroma sangat khas, yaitu pahit-pedas.  Jika dirasakan, akan meniggalkan sedikit rasa getir pedas dan bau harum yang melekat di mulut selama beberapa jam.

Sumber:

Assegaf, Muhammad Ali Toha. 2011. Buku Pintar Sehat Islami. Bandung: Mizania

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s